triangle

Peserta Dari Luar Aceh Ikuti Kuliah Umum Online Teknik Sipil PNL

Peserta Dari Luar Aceh Ikuti Kuliah Umum Online Teknik Sipil PNL

Lhokseumawe- Jurusan Teknik Sipil (JTS) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menyelenggarakan Kuliah Umum Online JTS PNL dengan tema "Perbaikan Stabilitas Lereng dan Kriteria Proporsi serta Evaluasi Mutu Beton", Senin (07/06/2021). 

Acara ini dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Meeting karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir. Pemateri dari acara ini adalah Ir. Hanafiah HZ, MT yang merupakan salah seorang dosen JTS PNL yang malang melintang di dunia akademis serta kenyang akan pengalaman lapangan khususnya geoteknik dengan materi Perbaikan Stabilitas Lereng. Sedangkan pemateri kedua Ir. Teuku Ikmal, S.T., IPM., selaku Praktisi lapangan dari PT Pupuk Iskandar Muda.

Panitia pelaksana, Andrian Kaifan ST., MT., dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam semangat vokasi untuk menguatkan Indonesia. 

"Issue-issue yang diangkat adalah tentang kegagalan struktur dinding penahan tanah dan pengetahuan laboratorium dan lapangan dalam hal pencampuran material pembentuk beton untuk menghindari maraknya mutu beton pada pekerjaan konstruksi sipil yang tidak memenuhi mutu yang disyaratkan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Sipil Syukri, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil (JTS) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum ini sudah menjadi agenda rutinitas JTS, namun tahun ini istimewa karena dilaksanakan secara daring. Syukri berharap peserta kuliah umum dapat mengambil manfaat seluas-luasnya dari kegiatan ini terutama dalam pengetahuan praktek di lapangan kerja konstruksi sipil khas vokasi. 

Kuliah umum yang dimoderatori oleh Yusnimar, S.Pd., M. TESOL, mendapatkan respon dan minat yang sangat baik dari civitas akademika PNL maupun dari luar PNL. Pesertanya tidak saja berasal dari kalangan mahasiswa namun banyak dari kalangan praktisi swasta, BUMN, maupun pemerintah juga hadir pada kuliah umum ini.  Asal peserta pun juga beragam, beberapa di antara mereka berasal dari daerah luar Provinsi Aceh, seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Lampung, Jambi, Kalimantan Barat dan Kalimatan Selatan. Total peserta yang menghadiri kuliah umum ini adalah 295 orang dari lebih 500 orang yang mendaftar. [Humas PNL]

Leave a Comment