triangle

Menuju ZI-WBK PNL Laksanakan Sosialisasi WBS

Menuju ZI-WBK PNL Laksanakan Sosialisasi WBS

Lhokseumawe - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melaksanakan sosialisasi tentang Whistle blowing System (WBS) yang bertempat di Aula lantai III  PNL Kamis,(11/11/2021). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan ZI-WBK diikuti sebanyak 70 ASN dilingkungan PNL. 
 

Dalam sambutannya Wakil Direktur II bidang Umum dan Keuangan Nanang Prihatin, S. Kom., M. Cs. mengatakan bahwa WBS ini penting sebagai bagian dari pelakasanaan tata kelola pemerintahan yang bersih dan sebagai bentuk peningkatan layanan publik kepada ASN di lingkungan PNL sendiri maupun bagi para stakeholder. 


“Jika ingin menyampaikan keluhan atau melaporkan ketidaksesuaian layanan yang diberikan oleh PNL boleh melalui aplikasi WBS yang telah dikembangkan oleh tim UPT TIK PNL. Silakan laporkan jika ada indikasi pelanggaran oleh ASN, kita akan tindaklanjuti  dan Identitas Pelapor dijamin serta diberikan perlindungan,” tegas Nanang.


Sebelumnya Ketua Panitia Dwi Meilvinasvita, S.HI., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi agar para ASN di lingkungan PNL dapat lebih mengetahui pentingnya WBS sebagai bagian dari sistem pelaporan pelanggaran yang memungkinkan setiap pegawai untuk melaporkan adanya Pelanggaran. 


“WBS adalah bagian dari sistem penanganan pengaduan masyarakat terpadu yang memfokuskan pada penanganan dugaan tindak pidana korupsi, dan berharap semua pihak ikut terlibat untuk mendukung pemanfaatan apalikasi WBS ini sebagi bentuk inovasi yang telah dikembangkan oleh PNL,” harap Melvinasvita.


Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Kepala Bidang PVL, Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Ilyas Isti, S.T menyampaikan bahwa perlunya WBS ini sebagai cara untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif dan mendorong pelaporan terhadap hal- hal yang dapat menimbulkan kerugian finansial maupun non -finansial, termasuk hal-hal yang dapat merusak reputasi instansi/perusahaan. 


Ilyas juga menyebutkan bahwa perlunya perangkat WBS bagi PNL sebagai bagian dari pelayanan pelaporan oleh pihak internal dan dapat segera diseleaikan oleh internal. Ilyas mengingatkan, setidaknya ada tiga elemen yang diperlukan dalam pengelolaan pengaduan yaitu alur pengelolaan pengaduan, sarana dan prasarana pengaduan serta petugas pengelola pengaduan. [Humas PNL]

Leave a Comment