+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

Kementerian Kominfo dan PNL Gelar Program Digital Talent Scholarship (DTS)

Kementerian Kominfo dan PNL Gelar Program Digital Talent Scholarship (DTS)

Lhokseumawe - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI kerjasama dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) membuka kegiatan Program Digital Talent Scholarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2019 melalui Pelatihan dan Sertifikasi Digital kepada 172 lulusan SMK jurusan TIK yang akan berlangsung selama satu bulan di Jurusan TIK PNL terhitung dari tanggal 1-31 Juli 2019. Acara pembukaan Program DTS VSGA dilaksanakan di Gedung Auditorium PNL, Rabu (03/07/19). Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemkominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Wakil Walikota Lhokseumawe H. Yusuf Muhammad, SE. MSM, Manajemen PNL, Pejabat Eselon II Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe serta Kepala SMK di Wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Ketua Panitia Pelaksana (PIC DTS VSGA PNL) 2019 Muhammad Hatta, MT dalam laporannya mengatakan, fokus program ini untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang belum bekerja dengan tujuan untuk mencetak SDM atau talenta digital untuk level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam Bidang Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Designer, Intermediate Animator dan Junior Web Developer.

"Diharapkan dengan terselenggaranya program DTS VSGA 2019 ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang IT", pungkasnya.

Direktur PNL Rizal Syahyadi, ST. M.Eng.Sc dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Indonesia saat ini masih mengalami permasalahan terutama dalam hal skill gap talenta digital, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam bidang teknologi masih belum tercukupi. "Melalui Pelatihan dan Sertifikasi Digital Program DTS VSGA 2019 diharapkan dapat mencetak talenta digital atau tenaga terampil dalam rangka meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM Indonesia di bidang digital, hal ini sejalan dengan tuntutan zaman dan Era Revolusi Industri 4.0. saat ini", ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemkominfo mengatakan Program DTS VSGA merupakan program prioritas nasional. Dalam tahun 2019 sudah dianggarkan beasiswa untuk 25 ribu peserta di seluruh Indonesia untuk melahirkan tenaga terampil dan semi terampil di bidang digital. (MH_Humas PNL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment