+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE


triangle

Cetak Talenta Digital, PNL Perkuat Kerjasama dengan Kementerian Kominfo

Cetak Talenta Digital, PNL Perkuat Kerjasama dengan Kementerian Kominfo

Medan - Manajemen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang diwakili oleh Wakil Direktur III PNL Ir. Sariyusda, MT dan didampingi Koordinator Humas dan Kerjasama Muhammad Hatta, SST. MT serta Koordinator KUI dan DUDI Azwar, ST. M.Sc melakukan kunjungan silaturrahmi ke Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Selasa (30/03/2021). 

Wakil Direktur III PNL Sariyusda mengatakan bahwa Kunjungan tersebut dalam rangka memperkuat kemitraan dan kesiapan PNL sebagai Mitra Kementerian Kominfo dalam menjalankan Program Digital Talent Schoolarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) tahun 2021.

"Program DTS VSGA merupakan pelatihan dan sertifikasi digital yang telah menjadi agenda rutinitas tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo dengan menggandeng Politeknik di Indonesia sebagai mitra penyelenggara dan salah satunya adalah PNL," ungkap Sariyusda.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Sumekto, M.Si menyambut baik kedatangan Manajemen PNL dan berharap kerjasama yang sudah terjalin selama 3 tahun akan lebih baik lagi dimasa yang akan datang. 

"PNL adalah mitra utama kami di Aceh dalam melaksanakan Program DTS VSGA. Dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi," terang Kepala BBPSDMP. 

Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Muhammad Hatta mengatakan Program DTS VSGA merupakan program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia yang belum bekerja. Program DTS VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital. 

"Tahun ini PNL mengusulkan 400 kuota peserta untuk 2 batch (Juli - Agustus dan September - Oktober) dari 4 skema yang diusulkan yaitu Web Developer, Network Administrator, Graphic Designer dan Motion Graphic Artis," sebut Bung Hatta

Hatta menambahkan, dengan terselenggaranya Program DTS VSGA tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

"Ini adalah program yang sangat luar biasa dari pemerintah, PNL menyambut baik dan berharap alumni pendidikan vokasi baik yang berada di Lhokseumawe, Aceh Utara dan Aceh dapat berpartisipasi di Program DTS VSGA 2021 ini," ujar Hatta. [HumasPNL]

Leave a Comment