Tim Program INOVOKASI Dosen PNL Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM
Lhokseumawe - Dalam rangkaian kegiatan Program Inovasi Kreatif untuk Mitra Vokasi (INOVOKASI) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (DAPTV), Kementrian Pendidikan, Sains dan Teknologi, telah dilaksanakan berupa kegiatan inovasi mesin pembuatan minyak VCO dan pelatihan pembuatan produk perawatan tubuh berbasis minyak VCO kepada mitra. Kegiatan penutup dari program inovokasi ini adalah pelatihan digital marketing, branding dan packaging.
Informasi ini disampaikan langsung oleh Elwina, ST.,MT, sebagai ketua, didampingi Usman, S.T., M.Eng., Ph.D serta Diana, S.E.Ak., M.Si yang merupakan anggota kegiatan tersebut pada Rabu, (18/12/2024).
"Pelatihan digital marketing dilakukan untuk membekali mitra UMKM dalam melakukan pemasaran yang lebih terarah dan memanfaatkan digitalisasi dengan keterampilan branding dan marketing produk-produk melalui pembuatan konten-konten digital dimenarik dan efektif untuk menarik konsumen," jelasnya Elwina.
Pada kesempatannya Diana, S.E.Ak., M.Si, selaku anggota tim mengatakan dengan pemberian pelatihan kepada UMKM diharapkan mampu membangun ide-ide cemerlang konten digital untuk memaksimalkan potensi dunia digital.
"Dengan pelatihan ini di harapkan pelaku UMKM mampu menciptakan ide sekaligus menambah wawasan para pelaku UMKM dalam membuat konten digital untuk meningkatkan visibilitas, daya saing produk-produk mereka di pasar yang lebih luas,” seru Diana yang juga dosen Prodi Akutansi PNL ini.
Dalam kegiatan program INOVOKASI dengan tema DIVERSIFIKASI PRODUK MINYAK VIRGIN COCONUT OIL (VCO) MENJADI PRODUK PERAWATAN TUBUH KEPADA UMKM ini, tim bermitra dengan pelaku UMKM yaitu UMKM VCO COCOK selaku produsen minyak VCO Zainah Rahmiati dengan merek COCOK yang berlokasi di Lancok, desa Jambo Timu, Lhokseumawe.
"Selama ini sistem pemasaran secara digital belum dimanfaatkan secara baik hasil dari diversifikasi minyak VCO yang dilakukan oleh mitra dilakukan re branding dan re packaging kembali sehingga akan lebih menarik perhatian konsumen," ungkap Elwina.
Kegiatan ini juga mendatangkan praktisi digital Muhammad Nasir dari P.T OLG Indonesia yang bergerak dalam bidang digital marketing. Untuk membantu di bidang promosi dan pemasaran tim pelaksana mengembangkan pemasaran secara digital dengan pembuatan website serta sistem pemasaran melalui market place dan media sosial lainnya kepada mitra.
Kegiatan ini selain diikuti oleh mitra juga diikuti oleh para ibu rumah tangga dan remaja yang tertarik dengan pemasaran secara digital dengan jumlah peserta sebanyak 6 orang. Dalam kegiatan ini juga mitra dilatih dan diajarkan bagaimana melakukan pemasaran melalui media sosial yang lebih efektif, dan juga cara pelabelan dan kemasan yang lebih menarik konsumen.
Luaran dari program ini adalah platform untuk penjualan produk dari VCO COCOK sehingga akan dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi dan akan meningkatkan pendapatan serta ekonomi mitra dengan adanya ketrampilan dalam digital marketing dan branding serta kemasan yang baik.
Program INOVOKASI ini juga mendapat dukungan penuh oleh Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc.IPM., ASEAN.Eng dan juga Kepala P3M PNL Amir Fauzi, ST., M. Sc., Ph.D.
Dengan adanya inovasi dan keahlian dari para dosen PNL di harapkan dapat memberikan kontribusi dan mengatasi persoalan dan meningkatkan daya saing para UMKM maupun industri rumah tangga. [HumasPNL]