+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle
About Us

UPT Perpustakaan

UPT Perpustakaan

 

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mulai dioperasikan pada tahun 1990 yang berlokasi di lantai dua gedung utama dengan luas ruangan keseluruhan sekitar 280m­2. Saat ini UPT Perpustakaan PNL sudah memiliki gedung sebndiri yang berlokasi di tengah-tengah kampus dengan luas area 678m2. UPT perpustakaan tetap konsen dan terus berbenah diri untuk memainkan peran penting dalam memenuhi keinginan pengguna. Pada akhirnya, UPT Perpustakaan diharapkan akan mampu menjadi Unit Pelaksana Teknis yang siap memberikan konstribusi dan pelayanan yang cepat, professional, dan tepat sasaran.

Dalam proses imlementasinya, UPT Perpustakaan mengemban misi sebagai berikut :

  1. Menjadikan mutu pelayanan dan kualitas SDM sebagai sokoguru (faktor pendukung) dalam pencapaian proses belajar mengajar yang efektif.
  2. Memfasilitasi dengan pelayanan multimedia/ audio visual dalam upaya optimalisasi kesan pengguna terhadap pelayanan perpustakaan yang bernuansa Teknologi dalam proses pembelajaran serta berorientasi profit.
  3. Mengumpulkan dan mengelola semua jenis informasi dan koleksi yang terkait dengan kepentingan semua jurusan untuk menunjang proses belajar mengajar dan pengembangan UPT Perpustakaan ke arah yang lebih berkualitas.
  4. Memberdayakan semua fasilitas yang ada baik dalam bentuk software, hardware, dan potensi lainnya yang dimiliki dalam upaya menggairahkan penggunaan dari berbagai khalayak untuk memajukan UPT Perpustakaan sebagai Pusat Kajian Ilmiah.
  5. Mengoptimalkan segala sumber daya termasuk peningkatan kualitas SDM sebagai motor penggerak dalam pencapaian visi dan misi di atas.

 

Macam Layanan

 

1. Layanan Rujukan (Referensi)

 

Layanan ini bertujuan untuk membantu civitas akademika dalam penelusuran informasi, khususnya bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau penelitian.

 

2. Sirkulasi (Peminjaman)

Layanan peminjaman diberikan untuk koleksi buku teks. Proses peminjaman menggunakan software SIP (Sistem Informasi Perpustakaan) Versi 1.0.

 

3. Layanan Terbitan Berkala

Koleksi yang disajikan pada layanan terbitan berkala antara lain berupa jurnal, bulletin, warta, media, majalah, berbagai surat kabar, yang diterbitkan baik dari dalam maupun luar negeri. Apabila pengguna menghendaki fotokopi, akan dilayani petugas.

 

3. Koleksi Dokumentasi dan Publikasi Lokal PNL serta karya ilmiah.

 

Koleksi Dokumentasi dan Publikasi Lokal PNL menyajikan berbagai makalah, pidato pengukuhan, Karya Ilmiah, dsb yang bersumber dari lingkungan PNL. Koleksi Dokumentasi dan Publikasi Lokal PNL ini tidak dipinjamkan, tetapi dapat difotokopi.

 

4. Fasilitas OPAC

OPAC(Online Public Acces Catalog) adalah sarana untuk mencari informasi tentang koleksi yang ada di perpustakaan dengan menggunakan terminal computer yang tersedia maupun melalui internet.

 

Untuk info lebih lanjut silahkan buka www.library.pnl.ac.id