+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle
About Us

UP2AI

UP2AI

PROFIL Unit P2AI-PNL

SEJARAH

Unit Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, selanjutnya disingkat dengan sebutan Unit P2AI, merupakan sebuah lembaga pelayanan dosen bidang aktivitas instruksional di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Unit P2AI didirikan pada tahun 2009 berdasarkan SK Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe Nomor 056 tahun 2009.  Unit P2AI berperan sebagai mitra kerja Jurusan dan Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Unit P2M) dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseuemawe.  Dalam Organisasi Tata Kelola (OTK) PNL, unit P2AI berada di bawah garis komando Pembantu Direktur Bidang Akademik (Pudir I), yang bertugas membantu Direktur dalam pelayanan dan pengembangan aktivitas instruksional PNL untuk perencanaan dan pengembangan pendidikan, serta melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengajar  bagi para tenaga pendidik dan kependidikan. Unit P2AI telah dipimpin oleh beberapa periode kepemimpinan antara lain Ir. Jamaluddin, MT (2009-2011), Ir. Hanafiah, MT (2012-2015), dan Elfiana, ST,MT (2016 s/d sekarang).

Tugas dan fungsi yang dilaksanakan Unit P2AI merupakan kegiatan yang dipandang objektif mendukung terciptanya iklim yang kondusif bagi peningkatan mutu dan efisiensi pendidikan dan pembelajaran di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe.  Untuk menjalankan tugas dan fungsinya, unit P2AI memiliki beberapa sub divisi berfungsi memberi pelayanan kepada dosen di bidang: Disain dan Pengembangan Sistem Instruksional, Pengkajian dan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pendidikan dan Pelatihan bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Pengembangan dan Produksi media Instruksional, serta melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Dosen.

Untuk mendukung kegiatan dari sub divisi unit P2AI, maka setiap tahunnya unti P2AI melaksanakan beberapa kegiatan rutin seperti pelatihan Applied Approach (AA) untuk dosen sertifikasi dan pelatihan PEKERTI (Pelatihan Keterampilan Dasar Perguruan Tinggi) untuk dosen muda.  Kegiatan pelatihan PEKERTI dan AA yang dilaksanakan menggunakan fasilitator Nasional yang telah bersertifikat kompetensi TOT AA.  Produk dari kegiatan Pelatihan AA dan PEKERTI sangat membantu dosen dalam menyiapkan komponen pendukung proses pembelajaran meliputi GBPP, SAP, Kontrak Perkuliahan, dan Bahan Ajar seperti Buku Teks, Buku Ajar, Modul Ajar, Modul Praktikum dan Jobsheet. 

Kegiatan rutin lainnya yang dilaksanakan pada Unit P2AI adalah mengkoordinir pelaksanaan Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) setiap semester untuk seluruh dosen di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe baik yang sudah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi.  Dalam pelaksanaan EKD, setiap dosen wajib membuat Laporan Beban Kinerja Dosen (LBKD) dengan mengisi form BKD dalam software yang telah dipersiapkan merujuk pada BKD Kemristekdikti.  Kinerja Dosen yang dilaporkan berupa kegiatan Dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi meliputi unsur/bidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan  unsur penunjang dengan melampirkan bukti dukung kegiatannya, dan selanjutnya dinilai oleh Assesor BKD yang telah memiliki NIRA Nasional (Nomor Induk Registrasi Assesor).  Hasil kinerja setiap dosen akan dilaporkan ke pimpinan PNL untuk menjadi dokumen pertimbangan kelayakan pembayaran tunjangan sertifikasi dosen bagi dosen yang sudah tersertififkasi.

 

VISI DAN MISI

Adapun visi dan misi UP2AI-PNL adalah sebagai berikut:

Visi Unit P2AI adalah menjadi Unit P2AI yang mandir dan dapat sejajar dengan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI) lainnya di tingkat Nasional.


Misi Unit P2AI dan kesesuaiannya dengan visi PNL, adalah:

  1. meningkatkan kualitas/mutu aktivitas pembelajaran;
  2. mengembangkan inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran;
  3. meningkatkan keterjaminan proses dan hasil pembelajaran;
  4. melayani, meneliti, mengevaluasi, dan mengembangkan aktivitas instruksional PNL.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud

Adapun maksud penyelenggaraan UP2AI adalah menjalankan strategi pengembangan yang secara implisit untuk mencapai visi UP2AI-PNL sebagai suatu unit yang menampilkan kualitas tertinggi sebagai berikut:

  1. Sebagai pengembangan lebih lanjut dari tim AA-Pekkerti

Unit P2AI-PNL akan melanjutkan dan mengembangkan program kerja yang telah ada sebelumnya, seperti GBPP, SAP, Jobsheet, bahan/modul ajar, modul praktikum, buku ajar, dan buku teks.

  1. Menetapkan struktur, fungsi, dan ruang lingkup organisasi Unit P2AI-PNL dengan mengacu pada stakeholder.
  2. Merintis kerja sama dalam bidang aktivitas instruksional antar kelembagaan baik di lingkungan PNL (Unit P2M, Unit-unit/Pusat-pusat di lingkungan jurusan dan program studi), maupun dengan lembaga pendidikan dan pelatihan di luar PNL.
  3. Menata sarana dan prasarana pendukung organisasi unit P2AI-PNL.
  4. Mengembangkan SDM (pengelola, instruktur, fasilitator, konsultan, programmer, dan sebagainya) sesuai dengan garapan unit P2AI-PNL.
  5. Merancang alokasi dan sumber dana pengembangan institusi Unit P2AI-PNL.
  6. Menyelenggarakan dan memantau pengembangan program kerja Unit P2AI-PNL.
  7. Melakukan evaluasi diri untuk mengukur kinerja Unit P2AI-PNL.
  8. Menyusun umpan balik bagi pengembangan Unit P2AI-PNL baik secara internal maupun kepada pimpinan PNL melalui lembaga pengkajian dan pengembangan pendidikan PNL.
  9. Menyusun ulang strategi-strategi secara dinamis tanpa mengubah tujuan dengan memperhatikan analisis perkembangan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi mahasiswa.

Dalam rangka pencapaian visi dan misi maka ditetapkan tujuan Unit P2AI adalah sebagai berikut: 
Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu mengelola dan menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan berdaya tarik untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani, kreatif, inovatif, produktif serta memiliki keunggulan kompetitif yaitu:

  1. Menciptakan SDM pendidik dan kependidikan yang profesional dalam menyelenggarakan proses pembelajaran bermutu.
  2. Menyiapkan SDM pendidik mampu mengembangkan dan menerapkan inovasi pembelajaran
  3. Mewujudkan kelayakan pelayanan pembelajaran prima
  4. Mewujudkan sistem evaluasi hasil belajar yang efektif dan efisien
  5. Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam mengembangkan iptek, nilai-nilai seni, dan kebudayaan.
  6. Meningkatkan kualitas manajemen pendidikan.

Sebagai salah satu unit kerja di PNL, tujuan penyelenggaraan Unit P2AI adalah menjadikan Unit P2AI-PNL sebagai:

  1. Unit layanan desain dan pengembangan instruksional
  2. Unit penelitian dan evaluasi aktivitas instruksional
  3. Unit pendidikan dan pelatihan aktivitas instruksional
  4. Unit pengembangan dan layanan media pembelajaran dan sumber belajar
  5. Unit konsultasi dan kerja sama di bidang instruksional

SASARAN

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan secara terukur yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan secara nyata oleh Unit P2AI dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulan atau bulanan. Adapun sasaran yang ingin dicapai atau dihasilkan oleh Unit P2AI sebagai berikut :

  1. Tersedianya SDM pendidik dan kependidikan yang profesional dalam menyelenggarakan proses pembelajaran bermutu.
  2. Tersedianya SDM pendidik yang mampu mengembangkan dan menerapkan inovasi pembelajaran
  3. Adanya model-model pelayanan pembelajaran prima
  4. Terstandarnya sistem evaluasi hasil belajar yang efektif dan efisien
  5. Adanya karya partisipasi peserta didik dalam mengembangkan iptek, nilai-nilai seni, dan kebudayaan.
  6. Adanya model manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.