Ristekdikti Gelar Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal di PNL

Lhokseumawe – Dalam rangka meningkatkan kemampuan atau kompetensi pengelolaan electronic journal (e-journal) di kalangan pengelola jurnal di jajaran perguruan tinggi di Provinsi Aceh, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengadakan lokakarya pengelolaan e-journal di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) pada Senin, (31/7/2017).

Dalam sambutannya Direktur PNL Ir. Nahar, MT yang diwakili Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan Rizal Syahyadi, ST.,M. Eng. Sc mengatakan kegiatan ini sangat membanggakan karena Ristekdikti mempercayakan PNL sebagai penyelenggara lokakarya ini.

“Terimakasih kepada Ristekdikti yang telah mempercayakan kami. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena pengelolaan jurnal tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perguruan tinggi,” kata pria yang sering disapa Didi ini.

Kegiatan lokakarya tersebut dipandu Kepala Sub Bidang Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristek Dikti Suwitno, Dalam pemaparannya bahwa selama ini ada kesalahan persepsi tentang jurnal online.

“Jurnal online atau e-journal bukan jurnal yang di PDF kan, kemudian dionlinekan, tapi jurnal online adalah jurnal yang dikelola secara online,” ungkap Suwitno.

Suwitno juga memaparkan sebenarnya ada kemudahan yang ditawarkan dalam hal akreditasi jurnal.

“Kalau jurnal online lebih mudah, asal dikelola dengan benar. Tapi syarat minimalnya harus sudah terbit selama dua tahun, dengan melampirkan bukti-bukti surel dari reviewer,” papar Suwitno.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari tersebut diikuti oleh puluhan pengelola jurnal dari beberapa perguruan tinggi di Aceh.