+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE MERAIH JUARA 1 KONTES ROBOT ABU INDONESIA (KRAI) 2019 REGIONAL I

POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE MERAIH JUARA 1 KONTES ROBOT ABU INDONESIA (KRAI) 2019 REGIONAL I

Tim KRAI Polirobocom_02 Politeknik Negeri Lhokseumawe menorehkan prestasi gemilang pada pagelaran Kontes Robot Indonesia 2019 tingkat Regional I yang diselenggarakan di Universitas Teknokrat Indonesia Lampung. Tim bimbingan Bakhtiar, ST. MT berhasil meraih Juara satu setelah pada pertandingan final berhasil mengalahkan tim Atom Sriwijaya dari Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang dengan skor 100 - 70. Kesuksesan ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan torehan yang dicapai tahun sebelumnya yang hanya meraih juara harapan.
Keberhasilan tim Polirobocom_02 PNL ini diraih setelah pada babak  semifinal mengalahkan tim D'Rimau dari Universitas Sriwijaya Palembang dengan skor 70-40. Sebelumnya pada babak penyisihan grup dan perempat final tim Polirobocom_02 berhasil menyingkirkan tim-tim kuat dari beberapa perguruan yang ada di Pulau Sumatera.

Penyerahan piala juara  oleh Ketua Tim Juri Prof. Benyamin Kusumoputro kepada Rektor l Teknokrat Nasrullah Yusuf, Sabtu (6/4/2019). 
KRI 2019 Regional I dilaksanakan pada tanggal 4-6 April 2019 dan diikuti sebanyak 64 tim robotika yang berasal dari 31 perguruan tinggi di Regional 1.
Pengumuman hasil penilaian tim juri KRI dibacakan oleh Ketua Tim Juri Prof. Dr. Benyamin Kusumoputro. Dari lima divisi yang dipertandingkan, tim dari Politeknik Negeri Lhokseumawe keluar sebagai juara 1  KRAI 2019 Regional 1.

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2019 sendiri mengambil tema “Sang URTUU Agung Menyebarkan Pengetahuan” yang mengacu  pada tema ABU Asia-Pacific Robot Contest 2019 yang akan diselenggarakan di Ulanbator Mongolia pada Agustus 2019.

 

Misi ABU Robocon 2019 Ulaanbaatar sendiri adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dengan menggunakan sebuah “relay messenger system” yang disebut dengan Urtuu, yang pertama kali diinovasi di dunia oleh orang nomaden Mongolia. Orang Mongolia telah menggunakan sistem Urtuu sebagai pembawa pesan menyampaikan informasi secara estafet ke pengirim pesan yang lain. Dengan menggunakan sistem Urtuu, seorang kurir dapat melakukan perjalanan dengan jarak sampai 400 kilometer per hari. Berdasarkan konsep ini, ABU Robocon 2019 Ulaanbaatar dirancang untuk
mempromosikan gagasan "Berbagi pengetahuan"

Tim yang diketuai oleh Risky Sahlihin dengan anggota Muhammad Fazil, Burikal Hana,  Hafidh Ihami, Muhammad Habib Al Khairi dan Rafly Azka didampingi oleh Bakhtiar ST MT sebagai dosen pembimbing memulai pertandingan dengan mengatur sensor robot MR 1 agar dapat membawa gerege (sejenis pesan dalam bahasa Mongol) untuk diserahkan kepada Robot MR 2 untuk diteruskan agar mencapai “Uukhai” (pesan telah tersampaikan).

Sementara itu, ketua Tim pembina robotika Politeknik Negeri Lhokseumawe Salahuddin SST, MT mengatakan perjuangan dan semangat mahasiswa dalam kontes ini patut diapresiasi walaupun harus berhadapan dengan tim kuat yang ada di Regional Sumatera. Dengan pencapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe mampu bersaing dan punya kemampuan sejajar dengan mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Sumatera, tandasnya. Selanjutnya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Politeknik Negeri Lhokseumawe yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga tim Polirobocom_02 dapat meraih Juara I tingkat Regional Sumatera.

Daftar pemenang Kontes Robot Indonesia 2019 Regional I:
Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 
Juara 1: Politeknik Negeti Lhouksumawe NAD 
Juara 2: Politeknik Negeri Sriwijaya 
Juara 3: Politeknik Manufaktur Negeri Babel
Harapan Unsri
Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI): 
Juara 1: Politeknik Negeri Sriwijaya Juara 
2: STTIK Dinamika Bangsa 
Juara 3: Universitas Sumatera Utara Juara Harapan: Universitas Sriwijaya 
Desain Terbaik: Universitas Sriwijaya 
Strategi Terbaik: Politeknik Negeri Sriwijaya
Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI): 
Juara 1: Universitas Teknokrat Indonesia Juara 
2: Universitas Mitra Indonesia Juara 
3: Politeknik Negeri Batam 
Desain dan Artistik Terbaik: Universitas Teknokrat Indonesia
Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid: 
Juara 1: Universitas Teknokrat Indonesia 
Juara 2: Universitas Negeri Malang Juara 
3: Politeknik Negeri Padang 
Juara Harapan: Universitas Negeri Ujung Pandang
Desain Terbaik: Universitas Negeri Malang 
Strategi Terbaik: Universitas Teknokrat Indonesia
Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda: 
Juara 1: Universitas Sumatera Utara 
Juara 2: Politeknik Negeri Padang 
Juara 3: Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung 
Juara Harapan: Politeknik Negeri Batam 
Desain Terbaik: Universitas Negeri Padang 
Strategi Terbaik: Universitas Teknokrat Indonesia

Leave a Comment