+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

PNL Produksi Mesin-Mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi

Buketrata - Politeknik Negeri Lhokseumawe(PNL) telah mengembangkan unit usaha Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi.  Unit usaha tersebut terbentuk melalui salah satu skim program pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti yaitu Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK), yang dimenangkan oleh Indra Mawardi, ST, MT, dosen Jurusan Teknik Mesin. Menurut Indra Mawardi, ST, MT,  Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL bertujuan untuk menunjang kemandirian kampus melalui unit usaha produksi mesin-mesin pascapanen kopi. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah sosialisasi hasil riset dosen berbasis produk untuk kebutuhan masyarakat, disamping itu juga sebagai tempat menciptakan wirausahaan baru.

Kopi merupakan salah satu komoditas penting di dalam perdagangan dunia yang melibatkan beberapa negara produsen dan banyak negara konsumen. Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga setelah Brazil dan Vietnam. Laju perkembangan areal kopi di Indonesia rata-rata mencapai sebesar 2,11 % per tahun. Peningkatan produksi kopi juga terjadi di provinsi Aceh, khususnya di kabupaten Aceh tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Perkembangan yang cukup pesat tersebut perlu di dukung dengan kesiapan teknologi dan sarana pascapanen yang cocok untuk kondisi petani agar mereka mampu menghasilkan biji kopi dengan mutu seperti yang dipersyaratkan oleh Standard Nasional Indonesia. Adanya jaminan mutu yang pasti, ketersediaan dalam jumlah yang cukup dan pasokan yang tepat waktu serta keberlanjutan merupakan beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar biji kopi rakyat dapat dipasarkan pada tingkat harga yang lebih menguntungkan. Untuk memenuhi persyaratan di atas penanganan pascapanen kopi rakyat harus dilakukan dengan tepat waktu, tepat cara dan tepat jumlah seperti halnya produk pertanian yang lain. Buah kopi hasil panen perlu segera diproses menjadi bentuk akhir yang lebih stabil agar aman untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi memproduksi mesin pengupas kulit buah kopi (pulper) mobile, mesin pencuci bijih kopi, mesin pengupas kulit biji kopi (huller) mobile, dan mesin sortasi biji kopi dengan mekanisme getar. Meskipun mempunyai kompetitor pasar, mesin-mesin yang diproduksi mempunyai keunikan dan keunggulan dibandingkan mesin yang telah ada di pasaran, seperti kemampuan mobilisasi yang baik dan desain yang berkualitas. Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL siap menerima pesanan, baik perorangan maupun kelompok, dalam jumlah besar maupun kecil.

Bagi petani kopi atau masyarakat yang ingin membeli dapat menghubungi Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL, Jurusan Teknik Mesin. Produk dari Pusat Produksi Mesin-mesin Teknologi Tepat Guna Pascapanen Kopi PNL dapat diakses melalui laman https://www.pusatmesinkopi.com/  atau konsumen dapat mengunjungi showroom di Jl. Banda Aceh – Medan Km 278 Desa Aleu Awe (samping SPBU Citra Alue Awe)

.

 

Leave a Comment