+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

PNL Gelar Simposium Cendekia Kelas Dunia

PNL Gelar Simposium Cendekia Kelas Dunia

Lhokseumawe - Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) ke-IV Tahun 2019, merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti, bekerja sama dengan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), dan Direktorat Jenderal Diplomasi dan Informasi Publik, Kementerian Luar Negeri, yang mengundang ilmuwan diaspora Indonesia dari perguruan tinggi, serta lembaga penelitian dan ilmu pengetahuan terbaik di berbagai belahan dunia. Para ilmuwan diaspora ini dipertemukan langsung dengan masyarakat, ilmuwan, akademisi, hingga pejabat perguruan tinggi, untuk berkolaborasi, menciptakan karya bermutu dan berdaya saing tinggi, yang memiliki impak berkelanjutan, serta diakui oleh dunia keilmuan internasional.

Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) termasuk salah satu perguruan tinggi negeri yang terpilih tahun 2019 ini untuk ikut menyelenggarakan Simposium ini. Ini merupakan kesempatan pertama yang diberikan setelah PNL terseleksi untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Adapun ilmuwan internasional yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Tony Hadibarata, Ph.D  dari Curtin University, Malaysia.  Beliau merupakan Associate Professor Environmental Engineering pada Department Civil and Construction Engineering di Curtin University, Malaysia.

Kegiatan ini di mulai dengan sambutan yang diberikan Direktur PNL dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur I Bapak Munawar, ST., MT  dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi dan berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini para narasumber dapat menyampaikan segala informasi dan isu-isu terkini dan pengalaman mereka dalam mengajar dan meneliti di universitas internasional di negara lain. Selain itu, kegiatan ini menjadi sebuah kesempatan/ arah  bagi jurusan di lingkungan PNL dari berbagai disiplin ilmu untuk mendiskusikan berbagai inisiatif dan proposal pengembangan pendidikan dan penelitian kedepannya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) PNL  Dr. Ir. Saifuddin, MT menyatakan bahwa kegiatan ini  semoga menjadi suatu arah menuju globalisasi dimana sangat sesuai dengan visi dan misi PNL yaitu, MANUGGAL (Mandiri, Unggul dan Global).

Tujuan utamanya kegiatan ini agar para ilmuwan internasional bisa memberi masukan bagi ide-ide riset dan publikasi yang sedang atau akan dilakukan oleh masing-masing jurusan nantinya.

Output acara tersebut adalah adanya artikel yang akan dipublikasikan di jurnal internasional, kerjasama riset dan mou antara curtin university dan PNL.

Acara awal langsung dipimpin oleh Moderator dari PNL, Elwina, ST., MT selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini, Kemudian dilanjutkan dengan Workshop Artikel Internasional di moderatori oleh Azwar, ST., M.Sc. dan yang terakhir Workshop Proposal oleh Dr. Busra , SE., M.si.

Peserta yang mengikuti simposium ini berjumlah 31 peserta yang terdiri dari para perwakilan staf pengajar dari 6 jurusan.

Sumber : Humas PNL

Leave a Comment