+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE


triangle

PNL Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Komponen Elektronika

PNL Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Komponen Elektronika

Lhokseumawe- Dimasa pandemi covid 19 Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) mengadakan pelatihan pemanfaatan limbah komponen elektronika rumah tangga bagi pemuda gampong meunasah mesjid punteuet kecamatan blang mangat kota Lhokseumawe. Kegiatan pelatihan tersebuti dihadiri oleh ketua pelaksana Usmardi dan didampingi oleh beberapa dosen teknik elektro PNL. Pelatihan tersebut berlangsung di Laboraturium Elektronika Jurusan Teknik Elektro PNL, kamis (22/10/2020).

Adapun tujuan diadakannya kegiatan tersebut ialah melakukan pelatihan bagi mitra pemuda gampong meunasah mesjid punteuet yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi dan memiliki minat dan hobi dibidang elektronik. Pelatihan dilakukan menggunakan metode simulasi dan aseembling. Metode simulasi dilakukan dengan memanfaatkan komputer menggunakan software simulasi yaitu proteus simulator dan EWB simulator terutama untuk mendesain produk-produk inovatif yang akan diproduksi. Sedangkan metode assembling adalah merakit dan memproduksi hasil desain produk inovatif.

Dalam keterangannya ketua pelaksana Usmardi mengatakan "Sebagian besar peralatan elektronika yang rusak masih dapat diperbaiki tetapi sebagian lainnya menjadi limbah yang tidak dimanfaatkan. Di tempat-tempat usaha service elektronika limbah komponen ini semakin bertambah banyak dan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal komponen elektronika yang ada ini dapat dimanfaatkan untuk mendesain produk inovatif baru yang bernilai ekonomis," Usmardi.

Leave a Comment