+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

PNL Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi

PNL Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi

Lhokseumawe - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) kembali mengadakan pelatihan asesor kompetensi. Dalam hal ini LSP yang berfungsi mengembangkan Standar Kompetensi, menetapkan Skema Sertifikasi Kompetensi, melakukan verifikasi tempat uji kompetensi serta mempunyai tugas melaksanakan uji kompetensi dan  menerbitkan sertifikat kompetensi. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja. Dengan adanya LSP Politeknik Negeri Lhokseumawe, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Politeknik Negeri Lhokseumawe yang diperlukan oleh industri dan dunia kerja dapat lebih cepat disiapkan dan diselaraskan dengan lembaga pendidikan.

LSP-PNL saat ini memiliki 55 (lima puluh lima) orang asesor kompetensi. Dengan semakin berkembangnya jumlah skema sertifikasi yang akan dibuka maka dibutuhkan lebih banyak lagi tenaga asesor untuk dapat memperlancar kegiatan sertifikasi. Kebutuhan tenaga asesor terutama di beberapa jurusan yang memang belum memiliki tenaga asesor bersertifikat Badan Nasional Serifikasi Profesi (BNSP).

Kebutuhan tenaga asesor sangat mendesak terutama untuk kelancaran kegiatan uji kompetensi pada Tempat Uji Kompetensi (TUK), keterbatasan jumlah tenaga asesor kompetensi dibandingkan dengan jumlah asesi yang akan di uji tentu akan sangat menghambat kegiatan sertifikasi profesi pada TUK-TUK tersebut. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Asesor Kompetesi ini akan dapat menambah maksimal 24 orang asesor kompetensi yang baru, yang akan dapat membantu kelancaran pelaksanaan uji kompetensi di TUK-TUK yang berada dibawah naungan LSP PNL.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang yang merupakan dosen pada Politeknik Negeri Lhokseumawe. Para peserta dikarantina di Hotel Diana selama 6 (enam) hari. Pelaksanaan Kegiatan In Hause Training Asesor Kompetensi akan berlangsung dalam 40 (empat puluh) jam pelatihan. Dengan rincian setiap hari kegiatan pelatihan berlangsung selama 10 jam tatap muka dan mengerjakan tugas sehingga semua peserta harus menginap di tempat pelatihan. Master Asesor Pengajar dari BNSP terdiri dari dua orang yaitu Sri Praptowati dan Tri Darawanti serta Master Asesor Penguji Suherman Ahmad dan M. Ilyas B.

Direktur PNL, Ir. Nahar, MT dalam kesempatan ini diwakili oleh Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan  Rizal Syahyadi,ST, M.Eng.Sc membuka secara resmi acara tersebut pada hari senin tanggal 7 Mei 2017 malam di Hotel Diana Kota Lhokseumawe.

Dalam sambutannya sangat berharap bahwa Kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah asesor kompetensi di PNL sehingga proses uji kompetensi mahasiswa dapat dilakukan secara baik dan lancar.

Selain itu juga ditambahkan bahwa dosen di PNL melalui kegiatan ini dapat terbantu dalam memperoleh sertifikat asesor dari BNSP.  Dengan adanya pelatihan ini. Sehingga kedepannya seluruh dosen dapat menjadi asesor kompetensi yang menguji kompetensi mahasiswa dilingkungan PNL  dalam usaha menjadikan mereka sebagai SDM yang berkompeten,”Ujarnya”.

Humas PNL

 

Leave a Comment