+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

PNL Adakan Sosialisasi Program Desa Binaan

PNL Adakan Sosialisasi Program Desa Binaan

Lhokseumawe - Hari ini Senin tanggal 02 April 2018 bertempatan di ruang rapat Direktur Politeknik Negeri Lhokseumame (PNL) diadakan rapat Sosialisai Program Kegiatan Desa di kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Penelitian Pengabdian Masyarakat (P2M)-PNL turut mengundang sebanyak 40 peserta yang terdiri dari geucik dan tuha peut dari kecamatan Banda Sakti dan muara dua Kota Lhokseumawe.

Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe Ir. Nahar, MT yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Rizal Syahyadi, ST., M.Eng.Sc membuka secara resmi pertemuan tersebut. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas kehadiran para peserta desa binaan. Dalam kata sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa tujuan dari dibentuknya desa binaan tersebuat ialah untuk menggali potensi yang ada di setiap desa guna menunjang dan memperbaiki taraf hidup masyarakat.

Kemudian dia juga menyapaikan keberlanjutannya kegiatan ini didasari oleh keberhasilan penelitian pada 5 tahun sebelumnnya di wilayah timur. Dengan demikian ia berharap hal yang sama dapat di peroleh di wilayah barat, mengingat ada banyak potensi yang dimiliki di wilayah barat   dan wilayah ini nantinya akan menjadi wilayah Kawasan ekonomi Khusus (KEK). Dengan demikian ia berharap, dengan adanya penelitian ini, dapat memberikan masukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki skill yang memepuni.

Kepala P2M Dr. Ir. Saifuddin, MT menyampaikan bagaimana cara melihat potensi yang ada di desa tersebut dengan menampilkan skema penelitian yang akan dilakukan. Pada kempatan tersebut belau juga mendengarkan keluhan apa saja yang ada di desa yang nantikan akan di jadikan acuan dalam peneliannya.

Terlihat bahwa banyak sekali permasalahan yang dialami oleh setiap desa. Permasalahan terbesar yang dapat disimpulakan dalam diskusi tersebut ialah banyaknya pengangguran didesa yang mengakibatkan tingkat kriminalitas serta pemakaian narkotika yang dapat merusak pemuda desa.

Oleh karnanya para aparat desa berharap dengan adanya program tersebut dapat mengurasi tingkat kejahatan dan kesejahteraan rakyat desa baik dalam bidang skill pemuda maupun dibidang ekonomi kreatif.

Leave a Comment