+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE


triangle

Jurusan TIK PNL Adakan Pelatihan Dan Sertifikasi Internasional

Jurusan TIK PNL Adakan Pelatihan Dan Sertifikasi Internasional

Lhokseumawe - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melalui program studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan (TRKJ) di jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) melaksanakan Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Internasional Mikrotik MTCNA dan MTCRE bagi Dosen-dosen pada jurusan tesebut.  Kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh ketua pelaksana Safriadi, koordinator/PIC Aswandi dan MikroTik Certified Trainer Teddy Yuliswar dilaksanakan di Lab Jurusan TIK selama 13 hari dimulai dari senin (2/11/2020) sd sabtu (14/11/2020).

Pelatihan ini dilaksanakan melalui program bantuan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud yaitu Sertikom Diktivp yang diberikan kepada PNL yang telah bekerjasama dengan Indonetworkers.com Training Center (PT. Carano Integrasi Teknologi). Perusahaan yang berpusat di Padang ini merupakan MikroTik Certified Training Partner resmi dari SIA Mikrot?kls, sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat jaringan komputer terutama untuk perangkat router dan jaringan nirkabel di Eropa.

Indonesia merupakan negara kedua terbesar pengguna MikroTik di dunia dan merupakan pasar yang sangat luas untuk menerima tenaga kerja terampil bidang jaringan dan telekomunikasi. Industri ini tentunya sangat membutuhkan tenaga kerja terampil dan kompeten.

Untuk mempersiapkan lulusan yang siap terjun ke dalam industri yang kompetitif ini, maka peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi ini merupakan satu hal yang wajib dilaksanakan agar kompetensi pengajar selalu mutakhir. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode blended-learning, dimana pada awal November kegiatan pelatihan dilaksanakan secara daring dan dilanjutkan dengan luring pada minggu kedua November 2020, dengan target menghasilkan dosen-dosen yang kompeten dan bersertifikat internasional dalam bidang jaringan komputer.

Dalam sambutannya MikroTik Certified Trainer Teddy Yuliswar yang memandu kegiatan ini mengungkapkan, “sertifikasi internasional berbasis vendor (seperti Mikrotik, android, Oracle, dan lain-lain), merupakan sertifikasi kompetensi yang sangat dihargai di dunia industri Teknologi Informasi, karena teknologi IT umumnya dikuasai oleh beberapa pemain utama yang mendominasi kategori-kategori tertentu di industri ini”. Katanya

"Karena besarnya pasar dan kebutuhan tenaga ahli yang mengerti dengan teknologi MikroTik, sertifikasi MikroTik juga menjadi penting sekali untuk dimiliki lulusan TKJ, baik di tingkat SMK sampai perguruan tinggi," lanjut Teddy.

Lebih lanjut ketua pelaksana Safriadi mengatakan “Dengan tersertifikasinya beberapa dosen TRKJ di PNL, membuka kemungkinan bagi kita untuk dapat membuka jalur sertifikasi kompetensi pula bagi lulusan kita (PNL), melalui skema sertifikasi yang sama," karanya.

"Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Politeknik Negeri Lhokseumawe ke depan, dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif dan siap menghadapi Revolusi Industri 4.0," Pungkas Safriadi.

Leave a Comment