PNL

berita

Pendaftaran Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN) 2014 Tidak Dikenakan Biaya


27-02-2014   15:06:56

Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010. Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur PMDK-PN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur PMDK-PN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi. Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN dapat diakses pihak sekoiah melalui situs http://pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Selain mengakses situs http://pmdk.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam PMDK-PN ini. Selanjutnya kami mengharapkan kerjasama semua pihak yang terkait dengan sistem PMDK-PN sehingga proses ini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Sumber: Tim IT PMDK politeknik

...
Baca selengkapnya

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MASUK LOKAL KELAS REGULER SORE


22-06-2013   13:24:47

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU

JALUR UJIAN MASUK LOKAL KELAS REGULER SORE

POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE TAHUN AKADEMIK 2013/2014

NOMOR : 1799/PL20/R/PP/2013

TANGGAL 20 Juni 2013

 

 I. PROGRAM DIPLOMA TIGA

(D-III)   (Terakreditasi)

II. PROGRAM SARJANA SAINS TERAPAN

     (Terakreditasi)

  1. REKAYASA   
  • PRODI TEKNIK KIMIA
  • PRODI TEKNIK MESIN 
2. REKAYASA       
  • PRODI PERANCANGAN JALAN DAN JEMBATAN
  • PRODI TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI
  • PRODI TEKNIK MESIN PRODUKSI DAN PERAWATAN
  • PRODI INSTRUMENTASI DAN OTOMOSI INDUSTR 

 PENDAFTARAN :

  1. ONLINE MELALUI WABESITE POLITEKNIK : www.umpn.pnl.ac.id 
  2. Pendaftaran Mulai Tanggal  24 JUNI S.D. 18 JULI 2013 (Nama calon hrs sesuai ijazah, SKHU atau lainnya)
  3. Verifikasi dan Pengambilan Nomor Test Bagian Akademik mulai Tanggal  25 JUNI S.D. 18 JULI 2013

Dengan membawa : 1. Print Out Formulir Pendaftaran

                                      2. - Copy Ijazah Legalisir dan KTP atau Pengenal Lainnya

                                         - SKHU bagi yg lulus tahun 2013 atau bukti lulus UN

                                         - Bukti Pembayaran Formulir dari BRI

 

 Ujian Tulis Tanggal 20 Juli 2013

 Pengumuman Hasil tes Tanggal 23 Juli 2013

Pendaftaran Ulang tanggal 24 s.d 30 Juli 2013

Tes Kesehatan tanggal 24 s.d 30 Juli 2013

 

SYARAT – SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK sesuai Jurusan
  3. Umur maximal 24 tahun pada bulan Juli 2013
  4. Membayar Biaya Pendaftaran :

      Ke Bank BRI (Politeknik Negeri Lhokseumawe No. Rek. 1305.01.000001.30.4)

 

BIAYA PENDAFTARAN : 1 Pilihan Rp. 175.000,-

                                             : 2 Pilihan Rp. 200.000,-

Note : Uang pendaftaran yang telah disetor ke rekening Politeknik Tidak Dapat Diambil Kembali.

Direktur,

 DTO

Ir. H. Ridwan, MT

...
Baca selengkapnya

Pelatihan Pengelolaan Website Jurusan Politeknik Negeri Lhokseumawe


19-02-2013   12:27:44

Lhokseumawe, 19/02/2013, Pelatihan Pengelolaan Website Jurusan Politeknik Negeri Lhokseumawe dilaksanakan di UPT Komputer dan Multimedia. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih operator website jurusan di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe supaya dapat mengola websitenya masing-masing.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan setiap jurusan dalam lingkungan Poilteknik dapat melakukan publikasi informasi jurusan masing-masing. Pelatihan ini diikuti oleh Syarifah Fitriani,A.Md sebagai Operator Wensite Jurusan Teknik Kimia (http://kimia.pnl.ac.id), Muliadi, A.Md sebagai operator jurusan Tata Niaga (http://tania.pnl.ac.id), Nuradliayati,A.Md sebagai Operator jurusan teknik Mesin (http://mesin.pnl.ac.id), Aiyub,A.Md sebagai operator jurusan teknik Sipik (http://sipil.pnl.ac.id) sedangkan jurusan teknik Elektro tidak mengirimkan operatornya (http://elektro.pnl.ac.id).

Menurut Penanggung jawab kegiata Teuku Martawijaya,ST, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan informasi jurusan dan diharapkan setiap jurusan dapat memanfaatnya fasilitas ini.

...
Baca selengkapnya

Pengumuman Pemenang Hibah PHK PMPP Batch I tahun 2013


17-06-2013   08:47:01

Pengumuman Pemenang Hibah PHK PMPP Batch I tahun 2013

Menindaklanjuti proses visitasi/asesmen lapangan Proposal PHK – PMPP 2013 PEDP – ADB Batch I yang telah diselenggarakan pada tanggal 26 Mei s/d 4 juni 2013, dengan ini disampaikan hasil pertimbangan dan kajian reviewer bahwa 12 (duabelas) dari 19 sembilan belas) politeknik dapat mengikuti proses selanjutnya, yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP). Politeknik-politeknik yang dapat mulai menyiapkan RPP adalah sebagai berikut :

1. Politeknik Negeri Jember
2. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
3. Politeknik Negeri Lampung
4. Politeknik Negeri Malang
5. Politeknik LPP Yogyakarta
6. Politeknik Negeri Lhokseumawe
7. Politeknik Negeri Banyuwangi
8. Politeknik ATMI
9. Politeknik Caltex Riau
10. Politeknik Indramayu
11. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Prodi Budidaya Perkebunan dan Prodi Penangkapan Ikan disarankan untuk digabungkan menjadi satu proposal)
12. Politeknik Negeri Jakarta

Demikian informasi yang dapat disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Jakarta, 13 Juni 2013
Direktur PMU,

TTD

Illah Sailah
NIP. 19580521 19822112001

...
Baca selengkapnya

BOPTN Diterapkan Tahun Ini


15-02-2013   14:22:45

Bojongsari, 12 Februari 2013-Pemberlakuan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN) sebagai amanat pelaksanaan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) menjadi salah satu topik utama dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013 yang baru saja ditutup secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Depok, Jawa Barat.

Biaya Kuliah Tunggal akan terdiri dari BOPTN dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan BOPTN, sebagian besar biaya operasional perguruan tinggi tidak lagi menjadi beban mahasiswa. Dengan begitu, akses pendidikan tinggi akan lebih terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Nantinya, mahasiswa PTN tidak perlu lagi membayar uang pangkal.

Mahasiswa baru cukup membayar uang SPP saja, tanpa biaya lainnya. Selain itu, BOPTN juga akan menumbuhkembangkan penelitian di perguruan tinggi. BOPTN akan menganggarkan 30% untuk penelitian. Dana tersebut dapat digunakan untuk PTN dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah melaporkan besaran UKT di kampus mereka. Sedangkan yang lainnya masih menentukan besaran tarif tersebut. “Semua perguruan tinggi harus mulai melaksanakan pada semester satu tahun akademik 2013/2014,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso usai penutupan RNPK 2013.

Kampus masih memiliki cukup waktu untuk menyusun standar biaya kuliah atau unit cost masing-masing perguruan tinggi. “Tarif ini seperti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang besarannya di bawah standar biaya kuliah karena dibayar pemerintah lewat Bantuan Operasional PTN,” imbuhnya.

Selain BOPTN dan UKT, berbagai implementasi terkait pelaksanaan UU Dikti dibahas di Komisi II. Beberapa pokok tema lain yang dibahas dalam komisi ini adalah Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan pelaksanaan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi 2013.

Usai penutupan RNPK 2013, Dirjen Dikti berkesempatan menjadi narasumber talkshow tvedukasi dengan tema “Pendirian Perguruan Tinggi di Perbatasan”. Selain Djoko, Rektor Universitas Musamus, Merauke, Philipus Betaubun, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), Muhammad Milchan dan Wakil Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar), Jackriet Maluenseng. Djoko berharap pendirian perguruan tinggi baru di perbatasan mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.

...
Baca selengkapnya

<< First< Prev 123 Next > Last >>